Trend Dunia Maya (Social Life)

Hmmm... Apa yang akan gue tuliskan di sini, cuma sekedar opini gue aja, kalo salah ya mohon maaf aja gituh.. :) 
Gue mencoba mengurutkan perkembangan pertemanan di dunia maya. Kalau mau dibilang 'dimulai dari mana ya?' Gue juga bingung sebenernya.. Karena setau gue pertama kali gue mengenal yang namanya Internet itu kira-kira di tahun 1996 (mungkin sebagian orang ada yang lebih dulu yah). Tepatnya itu gue di kelas 1 SMP. Kakak gue lah yang mengenalkan gue dengan dunia Internet. Pertama kali tau Internet ya yang pasti browsing yah.. Was so amazed at that time hahaha.. Trus belajar bikin e-mail. Kalau diinget-inget gue punya lebih dari 10 account e-mail, let me recall ya...
  • missionimpossible_2k@yahoo.com - deactivated
  • melissa.shanur@popstar.com - deactivated automatically
  • kquinnezchahara@..........com - haha! lupa and also deactivated automatically
  • melissa.shanur@lycos.com - deactivated automatically
  • melissa.arfiani@ilovechocolate.com - oh my god?! deactivated automatically for sure! haha!
  • ..............@hotmail.com - i knew i had one in hotmail but i forgot the ID, and deactivated automatically, too
  • melissa.shanur@indika.co.id >> e-mail account waktu kerja di Indika :) pastinya sudah tidak aktif lagi
  • melissa.shanur@jdfi.co.id - e-mail account waktu kerja di JDFI Group.. dan ofcourse sdh matek.
  • mshanur@yahoo.com - I've made it to exchange from missionimpossible_2k@yahoo.com
  • mshanur@gmail.com - exist 'til now :)
  • mshanur@live.com - for Client's sake.. Hhhrrrhh.. I guess I'm not gonna use this one
Dan kalau gak salah masih ada beberapa lagi yang gue lupa. Paling banyak bikin e-mail waktu umur ABG, ngeliat ada yang lucu, bikiiin. Padahal nggak pernah dibuka juga dan selalu lupa password nya apa.

Chatting. Itu salah satu gunanya gue maen Internet selain browsing. Ada suatu kesenangan tersendiri ketika gue bisa ngobrol dengan temen gue di dunia maya, rasanya gimanaaa gitu, apalagi waktu di library Caltex ada Internet gratis. Oya, sebelum ada fasilitas Internet gratis di Caltex, gue sering ke Pekanbaru sama Kak Nelly cuma pengen coba chatting aja. Yah dulu kan gak segampang sekarang kalo mau akses Internet.

Ini gue coba telaah satu2 apa aja sih masa-masa yang gue lewatin...

MIRC - ini nih yang pertama kali gue tau akses untuk bisa chatting. Temennya pun randomly, jadi bener-bener temen baru. Awalnya menyenangkan, lama-lama kok agak males ya karena orangnya kita gak kenal.

Yang paling famous dari MIRC ini adalah sapaan ke temen baru itu dgn "ASL PLS" yg artinya "Age Sex Location, Please"

Grup musik T-Five malah pernah bikin lagu dengan judul MIRC :)
YAHOO MESSENGER - Bersamaan dengan punya account e-mail di yahoo, maka secara otomatis kita bisa langsung punya tempat utk chatting nya yaitu namanya Yahoo Messenger (ym). It's very popular sampai sekarang loh!


Bahkan ym ini juga dijadikan sebagai alat utk berkomunikasi dalam berhubungan dengan rekan kerja, klien, bos, dll lah.. Pastinya dengan pacar, gebetan, selingkuhan huakakaka.. Di ym ini juga bisa ngobrol rame-rame a.k.a conference conversation. Famous dgn "BUZZ!!" nya..
MSN MESSENGER - Hmmm... Sempet punya juga account ini, ini nge-link ke account e-mail hotmail, tapi jaraaang banget digunakan :) Sama aja sih kayak ym, buat chatting aja..


FRIENDSTER - Well.. Pasti familiar dong dengan si Mr. Smile berwarna biru ini. Ini gue percaya adalah situs pertemanan pertama yang sangat-sangat booming. Kalau nggak salah ini booming di sekitar tahun 2003-2004an deh.. Kalo gak salah yah..


Di sini kita bisa ketemu sama temen-temen, upload foto, kasi testimonial ke temen (ini yang paling digemari.. "eh kirim testi ke gue dooong") sampai akhirnya bisa nge-blog juga di dalam account ini. Nice!




Daaaan, sesuai perjalanan waktu dan tenggelamnya friendster, dia berubah logo menjadi seperti ini :)






HI5 - Mungkin nggak banyak yang punya account ini, gue sempet punya tapi gak begitu tertarik karena Hi5 ini ada barengan dengan booming nya si Friendster yang lebih menarik perhatian orang banyak. Konon katanya foreigner lebih banyak pakai ini dibanding friendster..


Gimme five!

MYSPACE - Gue sempet punya juga tapi ntah gimana keadaannya sekarang. Banyak yg gunain ini utk ajang 'jualan' musik nya.. Banyak pemusik yg terkenal sekarang tapi dulu hanya promo lewat account ini. Detail siapa aja? Gue lupa.. Hehehe... Yg pasti gue tau Zee Avi juga promo lewat account ini.

FACEBOOK - Yes! Ini yang paling HITS di antara semua situs pertemanan yang ada. Di sini banyak ketemu temen lama yang udah bertahun-tahun gak ketemu. Bahkan sering diadainnya Reuni yang berawal dari pertemuan di Facebook ini. Seiring berjalannya waktu, situs ini juga ada tempat untuk chatting nya. Oya, kalau di friendster kan suka pada bikin testimonial ttg orang yg dituju, nah kalo di facebook ada lagi yang namanya "Wall". Lo bisa nulis apa aja di wall nya temen lo, dan juga bisa ganti status setiap kali lo mau ganti status dan temen-temen lo bisa ikutan comment ttg status lo. Trus juga lo bisa tag foto temen lo. Facebook akhir-akhir ini juga sering digunakan sebagai sarana 'jualan' atau yang sering disebut "On Line Shopping". Oya, facebook ini sendiri sudah ada di aplikasi untuk BlackBerry.

TWITTER - tempat ajang cuit-cuit. Sebenernya sama aja kayak ganti status, tapi ini lebih ke "kalau pengen mencurahkan isi hati, ngomong sendiri, ngomel, bergumam, dll lo bisa ketik aja langsung di sini". Dan di sini 'friends list' nya dinamakan Follower. Makin ke sini, twitter sering digunakan sebagai messenger. Di twitter ini, lo bisa ReTweet (RT) apa yg di tweet oleh temen lo, misalnya ada berita atau quotes yg menarik. Lo juga bisa Direct Message (DM) ke temen lo tanpa bisa dibaca org lain. Tapi konon katanya ada juga beberapa pertemanan jadi retak karena meng-unfollow teman, karena si temannya itu kalo nge-tweet suka gak penting dan cenderung ganggu. Hihi ada-ada aja yah...
FOURSQUARE - Sebenernya gak jauh beda dengan twitter, tapi ini lebih ke ngasi tau kalo lo ada dimana dan menggunakan GPS, jadi langsung ke-detect lo sdg berada dimana. Bisa dibikin lengkap kap kap alamatnya. Belum terlalu ngerti juga sih gue sama benda satu ini heheheh..

SKYPE - Ini gunanya lebih ke chatting tapi bisa ngobrol dan lihat muka secara langsung, kualitas nya lebih bagus daripada ym atau chat yang lainnya.

Ini ada beberapa social network lagi, tapi gue gak begitu ngerti :
























Kalo keterangan tentang 5 social networking di atas ini, gue sih gak tau banyak hehe.. Silahkan browsing kalo mau tau lebih lanjut atau mungkin buka account nya :)

Cheerio!

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Pengajuan Visa Australia

Road to #ColdplayMelbourne2016 - DAY 6 COLDPLAY Concert!!

KL Trip with Mama (and launching @anameyabelibeli)